Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Senin

DIET MEDITERANIA

===>> PELUANG USAHA SAMPINGAN bisnis baru Ustad Yusuf Mansur
modal murah hasil MELIMPAH BONUS RUMAH dan MOBIL 
KLIK daftar di sini Bisnis Yusuf Mansur
                Diet Mediterania adalah salah satu pola makan yang disarankan karena ini adalah diet paling sehat di seluruh dunia bahkan planet. Sudah ribuan tahun, penduduk di pesisir Mediterania telah menikamti pola makan lezat, makan malam nikamt sembari melakukan aktivitas fisik. Mereka tidak berpikir jika kebiasaan makan mereka merupakan sebuah pola makan yang baik. Sederhana saja, tetapi pola makan mereka membuat hidup lebih berkualitas, tetap sehat dengan memperkecil risiko penyakit kronis.

                Sebuah penelitian awal kemudian menunjukkan jika mengonsumsi lebih banyak makanan nabati dan lemak sehat amat baik bagi kesehatan. Riset menunjukkan, sesuai pola diet Mediterania, ini dapat melindugi diri melawan risiko penyakit jantung, sidroma metabolik, beberapa jenis kanker, obesitas, diabetes tipe 2, demensia, dan penyakit Alzheimer.

                Dampak dari diet Mediterania ini telah diteliti secara ekstensif selama 10 tahun, dengan lebih banyak bukti klinis dan ilmu pengetahuan yang lebih baik.

                "Ada banyak manfaat kesehatan, dan bukti yang lebih kuat dan bukti lanjutan jika diet ini dapat melindungi dari penyakit diabetes dan kardiovaskular," ungkap Dariush Mozaffarian, MD, DrPH, seorang peneliti juga ahli kardiologi, profesor dan wakil direktur Program Epidemologi Kardiovaskular di Harvard School of Public Health.

Apakah Diet Mediterania?

                Ada beragam diet Mediterania. Dari Spanyol hingga Timur Tengah, banyak pengombinasian dasar-dasar diet dengan ketersediaan makanan dan preferensi kultural. Akan tetapi ada kemiripan didapat dari makanan nabati seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, gandum utuh, kacang, zaitun dan minyak zaitun yang dikombinasi dengan keju, yoghurt, ikan, unggas, tlur dan aggur. Makanan ini adalah dasar dari rencana menyediakan ribuan mironutrien, antioksidan, vitamin, mineral dan serat yang dapat bekerjasama melindungi risiko penyakit kronis.

                kebanyakan makanan dalam rencana diet disajikan segar, beberapa juga bahan makanan yang utuh ( bukan mengalami proses seperti fermentasi, dan sebagainya). Metode persiapan penyajian sifatnya simpel dan hindari menggoreng dengan minyak banyak serat lebih sedikit asupan sumber lemak jenuh, sodium, pemanis dan daging merah.

                Selain pola makan, gaya hidup Mediterania termasuk makan malam santai dan aktivitas fisik reguler adalah bagian penyeimbangan penting rencana diet.

Rahasia pada Minyak Zaitu

                Minyak zaitun kerapkali dikaitkan dengan diet Mediterania. Akan tetapi bukan sekedar minyak zaitun, melainkan minyak zaitun murni atau extra virgin olive oil. Kendati bukan seluruhnya mengharuskan minyak zaitun.

                "Beberapa bukti lemak jenuh tunggal sendiri bersifat proktetif terhadap penyakit kardiovaskular,"  ungkap Mozaffarian.

Konsep diet Mediterania

Seperti yang dikutip dari mayoclinic.com, konsep diet Mediterania adalah :

1. Memperbanyak konsumsi bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan. Usahakan untuk selalu menyajikan jenis makanan tersebut setiap kali ladies makan.

2. Mengganti konsumsi mentega dengan lemak yang lebih sehat, misalnya minyak zaitu.

3. Menggunakan tanaman herbal dan bumbu-bumbu alami sebagai pengganti garam dan penyedap rasa.

4. Mengurangi konsumsi daging merah—maksimal 2-3 kali dalam satu bulan.

5. Mengkonsumsi ikan-ikanan maksimal dua kali perminggu.

           Bila digambarkan dalam bentuk pyramid, daging merah lberada pada urutan teratas—yang berarti bahwa porsi daging merah paling sedikit. Lalu di bawah daging merah terdapat yogurt, olahan makanan yang berasal dari hewan ternak, dan keju. Di urutkan ketiga, terdapat ikan-ikanan. Paling bawah, dengan porsi paling besar adalah bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

           Apa saja manfaat dari menjalankan diet Mediterania? Selain efektif untuk menurunkan berat badan, diet Mediterania juga memberikan banyak manfaat lainnya. Beberapa diantaranya adalah mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung, Parkinson, dan Alzheimer. Nah, jika Anda tertarik, silahkan mencoba diet ini.