Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Rabu

KAPAN DAN BAGAIMANA ANDA MAKAN?

===>> PELUANG USAHA SAMPINGAN bisnis baru Ustad Yusuf Mansur
modal murah hasil MELIMPAH BONUS RUMAH dan MOBIL 
KLIK daftar di sini Bisnis Yusuf Mansur


Dr. Ibrahim Fuhaim menyebutkan dalam bukunya, ‘Alij Nafsaka bi al-Ghada, bahwa makan adalah tugas alami. Kita harus melakukannya. Dan yang menjadi kewajiban kita adalah menikmatinya. Kenyataannya sering kali kenikmatan makan bertambah, maka proses pencernaan juga jadi lebih cepat dan mudah. Tetapi jika kenikmatan itu tidak dirasa dan justru berganti dengan kesengsaraan dan penderitaan, maka hal itu menunjukkan bahwa kita telah melakukan kesalahan dalam proses makan kita.

Tanda-tanda penolakan oleh pencernaan yang sehat terhadap makanan yang kita konsumsi seperti gas, kembung, dan lain sebagainya, adalah cahaya merah yang memberi peringatan kepada kita akan adanya suatu bahaya, jika kita mengulangi makanan itu dalam porsi yang sama atau kita tidak menjauhi warna-warna yang tidak sesuai dengan pencernaan kita. Semua warna makanan yang tidak dikehendaki pencernaan harus dihindari. Warna makanan cukup banyak jumlahnya. Demikian juga bentuknya, yang satu atau dua di antaranya mungkin bisa dihindari, meskipun berbagai macam warna tidak membahayakan orang lain, karena lambung setiap orang berbeda-beda.

Oleh karenanya, anda harus benar-benar mengenali lambung anda dan warna apa yang memang menjadi kesukaannya. Artinya, tidak semua yang kamu sukai juga disukai oleh 312 pencernaan anda.

Terkadang pencernaan cenderung diam apabila anda memaksanya melakukan apa yang tidak mau dia lakukan, meskipun pada akhirnya dia tetap melakukannya, sehingga menimbulkan bahaya terhadap anggota tubuh lainnya.

Waktu makan
Mengonsumsi makanan tiga kali sehari adalah pola makan terbaik untuk memberi nutrisi pada tubuh. Dan kita tidak tahu kalau alam menghendaki hal seperti itu. Sementara manusia menemukan apa yang menjadi tujuan alam melalui beberapa percobaan selama berabad-abad. Atau barangkali alam telah menempatkan dirinya secara bertahap untuk menerima kebiasaan yang dijalani seseorang. Sebab, hal itu sesuai dengan kondisinya. Oleh karena itu, yang terbaik adalah makan tiga kali untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Bagaimanapun kami menyarankan agar anda tidak memulai aktivitas atau meninggalkan rumah sebelum makan. Dan jangan sekali-kali kesibukan anda membuat anda lupa makan tepat waktu. Usahakan supaya anda makan pada waktu-waktu yang telah ditentukan. Dan hendaklah jarak antara satu makan dengan makan lainnya tidak kurang dari 4 atau 5 jam. Inilah barangkali waktu yang dibutuhkan oleh pencernaan untuk mencerna makanan.

Hendaklah jarak antara waktu makan malam anda dengan waktu tidur tidak kurang dari dua jam. Disarankan agar tidak mengkonsumsi makanan apapun antara dua waktu makan. Aturan ini hanya berlaku bagi mereka yang sudah dewasa dan dalam kondisi normal. Sedang bagi anak-anak tidak dilarang untuk memiliki waktu makan yang banyak dalam sehari. Demikian juga orang sakit yang membutuhkan nutrisi yang lebih banyak.

Tidak masuk akal bila seseorang selalu tergoda untuk mengkonsumsi makanan antara dua waktu makan, atau makan malam di tengah malam umpamanya, atau hanya makan satu kali dalam sehari, karena, ia sibuk bekerja. Hal itu mungkin tidak berbahaya bila dilakukan satu dua kali saja, tetapi jika sudah menjadi kebiasaan, maka lambat laun akan mulai muncul keluhan di bagian pencernaan.

Dalam keadaan sakit, keluar dari pola makan sehat di atas mungkin tidak menjadi masalah karena biasanya orang sakit harus mengikuti aturan-aturan tertentu selama beberapa minggu atau beberapa bulan lamanya.

Kami sarankan pula bagi mereka yang mengalami gangguan pencernaan karena terlalu banyak makan atau karena mengubah waktu makan, dan seterusnya, untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak. Sebab, memberi kesempatan beristirahat pada lambung setelah ia bekerja berat untuk kembali menyiapkan diri melakukan aktivitasnya sekaligus mengembalikan system kerjanya. Meninggalkan satu kali waktu makan karena sebab tertentu mungkin tidak berbahaya, tetapi makanan yang anda makan saat perut menentu dan tidak normal bisa mengakibatkan ketidaknyamanan pada perut atau bahkan bisa menyebabkan rasa sakit berhari-hari atau berminggu-minggu.

Jangan makan saat anda tengah marah
Nuansa yang tenang dan indah saat waktu makan sangat membantu proses pencernaan. Keindahan ruang makan ditambah dengan dekorasi bunga-bunga, dan diwarnai canda tawa merupakan factor yang bisa mengundang selera dan membuat tubuh cepat menyerap zat-zat makanan.

Seorang ayah yang selalu berkumpul dengan anak dan istrinya saat sarapan pagi dengan wajah berseri dan jiwa yang tenteram lagi membahagiakan adalah factor yang secara tidak langsung dapat mengundang selera makan anggota keluarga yang lain untuk mengkonsumsi makanan dan mempercepat proses pencernaan.

Sebuah penelitian telah dilakuakan di sebuah Universitas untuk mengetahui pengaruh emosi dan perasaan dalam proses pencernaan. Sebuah makanan disodorkan pada seekor kucing yang sehat dalam kandangnya. Setelah kenyang, kucing itupun tidur nyenyak melalui penyinaran sinar X, bisa terlihat bahwa proses pencernaan terjadi secara alami dan baik. Tiba-tiba kucing tersebut dikejutkan oleh kedatangan seekor anjing besar yang mencoba mengambil dan merebut makanannya, maka kucing itupun kaget dan lari ketakutan. Melalui penyinaran sinar X terlihat bahwa proses pencernaan kucing saat ini terhenti selama lebih dari 4 jam.

Ternyata rasa takut, cemas, dan marah memiliki pengaruh khusus terhadap fungsi pencernaan manusia. Sebagai bukti sederhana untuk menunjukkan hal tersebut, bisa dilihat dari para pasien yang datang ke rumah sakit untuk melakukan proses operasi. Terkadang pada pagi hari mereka mengalami kencing gula yang disebut dengan gula emosi, yang demikian itu merupakan gejala yang timbul akibat rasa takut dan cemas.

Mengunyah makanan
Mengunyah makanan secara baik adalah salah satu factor penting untuk melindungi alat pencernaan. Oleh karena itu, segala jenis makan tidak boleh langsung ditelan sebelum dikunyah dengan baik di dalam mulut dengan air liur untuk membentuk semacam adonan yang lembut dan mudah diserap oleh tubuh. Air liur memiliki fungsi mengubah zat-zat tepung menjadi gula yang mudah diserap. Dan mengunyah yang baik akan membuat pencernaan siap mengeluarkan cairan asam sehingga proses pencernaan bisa berlangsung dengan baik.

Tidak ada yang membuat lebih kacau dibandingkan sarapan yang dilakukan secara tergesa-gesa atau makan saat tengah bekerja.

Ketika anda mengunyah makanan dengan baik, maka anda akan merasa puas dengan makanan sedikit sekaligus merasakan nikmat yang lebih besar. Bahkan terhadap makanan yang tampak tidak perlu dicerna, seperti susu atau yang lainnya, anda juga perlu mencernanya secara perlahan. Mencerna secara baik merupakan satu keharusan, khususnya bagi anak-anak dan orang yang sudah lanjut usia.

Gangguan pencernaan yang biasanya mengenai anak-anak terkadang diakibatkan oleh pemberian makanan yang keras yang tidak bisa dicerna secara baik, akan memberi pengaruh negative terhadap alat pencernaan.

Gigi yang baik dan bersih mempunyai peran penting pula dalam proses pencernaan makanan. Telah ditemukan bahwa 90% anak-anak pada fase-fase awal kehidupan mereka terserang karies pada gigi mereka. Hal itu disebabkan oleh konsumsi gula dan makan manis terlalu banyak yang menyebabkan pengasaman mulut dan karies pada gigi. Bisa juga karena disebabkan kekurangan vitamin dan unsur-unsur mineral. Sebab, makanan yang kaya vitamin C dan garam mineral merupakan unsure yang penting untuk memelihara dan menjaga gigi dari karies dan sakit di gusi.

Demikianlah, masalah ini seperti ada dalam lingkaran setan, gigi yang sakit dan gusi yang terganggu bisa berasal dari pola makan yang salah. Dan konsumsi makanan akan bertambah buruk saat gigi lemah dan tidak mampu mengunyah makanan. Tidak hanya itu, hal tersebut akan membahayakan alat pencernaan.