Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Kamis

BAGAIMANA MENJAGA SUSU TETAP STERIL

===>> PELUANG USAHA SAMPINGAN bisnis baru Ustad Yusuf Mansur
modal murah hasil MELIMPAH BONUS RUMAH dan MOBIL 
KLIK daftar di sini Bisnis Yusuf Mansur


Ketika susu keluar dari payudara sapi atau kerbau, biasanya dalam keadaan bersih. Oleh karenanya  ketika anak  sapi menyusu, maka ia mendapatkan susu yang betul-betul bebas dari penyakit dan kuman, karena ia mendapatkannya langsung dari tetek. Sedang manusia memperoleh susu itu setelah melalui beberapa tahap, pada tahapan-tahapan ini memungkinkan bakteri masuk ke dalamnya dan  berkembang biak.

Susu merupakan makanan bergizi dan baik untuk tubuh, tetapi susu juga mudah ditumbuhi oleh bakteri yang masuk ke dalamnya, biasanya lewat lalat atau tangan kotor atau wadah – wadah yang tidak bersih. Hal itu bisa menyebabkan timbulnya penyakit typus dan bakteri daftaria. Adapun bakteri tubercolosis (TBC) sampai ke dalam susu biasanya melalui payudara hewan yng terkena penyakit.

Oleh karenanya, negara – negara besar sangat menaruh perhatian terhadap kemungkinan bahaya tersebut. Mereka mengadakan seleksi dan penelitian yang intens terhadap penyebaran susu ini. Karena, biasanya di rumah pembersihan hama dilakukan dengan cara pasteurisasi atau dengan cara mendidihkan saja. Umumnya cara yang digunakan di rumah adalah memasaknya sampai mendidih, lalu dibiarkan begitu saja dan dianggap sebagai sterilisasi susu dari hama dan penyakit, selanjutnya dianggap baik untuk diminum. Padahal, cara ini tidak sampai titik didih yang sesungguhnya, karena kepala susu ( lapisan paling atas yang berwujud seperti selaput) yang ada di permukaan tidak jarang mengandung mikroba yang tidak musnah dan mati hanya dengan dimasak.

Oleh karenanya, disarankan untuk memerhatikan proses berikut ini : Ketika dimasak hendaklah susu diaduk agar selaput tersebut hancur. Disarankan pula, agar api yang digunakan tidak terlalu besar agar tidak cepat mendidih. Kemudian susu harus langsung didinginkan dan tidak dibiarkan dingin secara alamai, karena dengan begitu memungkinkan bagi mikroba yang menyukai suhu panas kembali lagi. Oleh karena itu, disarankan untuk di simpan di sebuah wadah yang telah diisi dengan air dingin.