Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Jumat

TIPS MENCEGAH KANKER PAYUDARA

===>> PELUANG USAHA SAMPINGAN bisnis baru Ustad Yusuf Mansur
modal murah hasil MELIMPAH BONUS RUMAH dan MOBIL 
KLIK daftar di sini Bisnis Yusuf Mansur


Cara mencegah kanker payudara secara alami lebih aman dilakukan, berikut ini adalah beberapa tips dalam mencegah kanker payudara secara alami:

1.       Berolah raga secara teratur
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa sejalan dengan meningkatnya aktivitas maka resiko kanker payudara akan berkembang. Dengan berolahraga, kita sekaligus menurunkan kadar estrogen yang diproduksi tubuh sehingga mengurangi resiko kanker payudara.

2.       Mengurangi lemak
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet rendah lemak akan membantu mencegah kanker payudara. Akan tetapi penelitian lain menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara lemak dan kanker payudara. Memang selama ini terjadi pertentangan antara dua pendapat demikian. Sedangkan penelitian terakhir menunjukkan bahwa yang lebih penting adalah jenis lemaknya bukan seberapa besar jumlah lemak yang dikonsumsi.

Jenis lemak yang memicu kanker payudara adalah lemak jenuh dalam daging, mentega, dan makanan yang mengandung susu full cream, serta asam lemak dalam margarine. Lemak jenuh akan memicu meningkatkan kadar estrogen dalam darah. Lemak yang membantu mencegah kanker payudara adalah lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak zaitun dan asam lemak omega 3 dalam ikan salmon dan ikan air dingin lainnya. Lemak tak jenuh adalah lemak yang menyebabkan kenaikan estrogen dalam darah.

3.       Jangan memasak daging terlalu matang
Terlepas dari lemak jenuh yang terkandung dalam daging, cara memasak daging juga mempengaruhi resiko terkena kanker payudara. Daging-daging yang dimasak atau dipanggang akan menghasilkan senyawa karsiogenik (aminoheterosilik). Semakin lama proses pemasakan, maka akan semakin banyak senyawa ini terbentuk. Amino heterosilik paling banyak terdapat dalam daging bakar yang lapisan luarnya gosong.

4.       Makan sayur dan buah
Semakin banyak buah dan sayuran yang dimakan akan semakin berkuranglah resiko untuk semua kanker termasuk kanker payudara. Makanan dari sayuran dan buah-buahan mengandung antioksidan yang tinggi, seperti vitamin A,C,E dan mineral selenium yang dapat mencegah kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab kanker. National cancer institute merekomendasikan agar mengkonsumsi buah dan sayuran paling tidak lima kali dalam sehari. Akan tetapi perlu diingat, kita harus memasak sayuran tersebut dengan benar dalam arti tidak dicampur dengan bahan-bahan yang bersinggungan dengan lemak jenuh.

5.       Konsumsi suplemen anti oksidan
Suplemen pada dasarnya memang tidak akan menggantikan buah-buahan dan sayur-sayuran, akan tetapi suatu formula anti oksidan bisa merupakan tambahan makanan yang dapat mencegah kanker payudara.

6.       Konsumsi makanan berkedelai
Makanan yang berasal dari kedelai banyak mengandung kadar estrogen tumbuhan (fitoestrogen). Sebagaimana temokisfen, senyawa ini mirip dengan estrogen tubuh tapi lebih lemah. Fitoestrogen terikat pada reseptor sel yang sama dengan estrogen tubuh, mengikatnya keluar dari sel payudara sehingga mengurangi efek pemicu kanker payudara. Selain menghalangi estrogen tubuh untuk mencapai sel reseptor, makanan dengan kadar kedelai tinggi akan mempercepat pengeluaran estrogen dari tubuh.

7.       Menghindari alkohol
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak mengkonsumsi alkohol akan semakin besar terkena resiko kanker payudara, ini dikarenakan alkohol akan meningkatkan kadar esterogen dalam darah.

8.       Perhatikan berat badan
Perhatikan berat badan setelah usia 18 tahun akan menambah resiko kanker payudara. Hal ini dikarenakan dengan semakin bertambahnya lemak jenuh yang terkandung dalam tubuh, maka kadar estrogen sebagai hormon pemicu kanker payudara dalam tubuh akan semakin meningkat.

9.       Berjemur
Meningkatnya angka kejadian kanker kulit menjadikan kita takut dengan sinar matahari. Tapi ternyata sinar matahari dapat membantu mencegah kanker payudara, karena pada saat matahari mengenai kulit, tubuh menerima vitamin D. vitamin D akan membantu jaringan payudara menyerap kalsium sehingga mengurangi resiko kanker payudara. Agar memperoleh sinar matahari selama 20 menit per hari, dianjurkan untuk berjalan di bawah sinar matahari pada siang atau sore hari.

10.   Mempertimbangkan terapi HRT
Terapi HRT (Hormone Replacement Therapy) akan mengurangi resiko penyakit jantung, osteoporosis, dan penyakit Alzheimer. Akan tetapi HRT akan menambah resiko kanker payudara. Konsultasikan dengan dokter dan pertimbangkan resiko-resiko yang mungkin akan timbul setelah melakukan terapi.
Stress juga akan mempengaruhi resiko terkena kanker payudara. Akan tetapi penelitian akan hal ini masih kontroversial, tidak ada salahnya untuk memulai hidup dengan mengatasi stress melalui meditasi atau kegiatan santai lainnya.